Translate to Your Language :)

Setiap orang butuh tempat utk berbagi cerita, aku harap kamu bisa mengerti itu.

6 Apr 2013

Reclining Buddha

Halo teman-teman pecinta budaya :)
kali ini saya akan nge-post satu post tentang 'reclining buddha' atau patung buddha yg posisinya sedang tidur dengan kepala dipangku tangan yg pernah saya kunjungi.

Yang paling pertama kali saya bahas adalah Wat Pho.
Mengapa saya membahas Wat Pho terlebih dahulu?
Karena Wat Pho ini diyakini sebagai Kuil yg terbesar dan tertua di Bangkok.
Wat Pho berada di Thailand. Tepatnya di kota Bangkok yg terletak di distrik Rattanakosina.
Nama resmi dari Wat Pho ini sendiri adalah Wat Phra Chettuphon Wimon Mangkhlaram.
Wat Pho ini memiliki buddha tidur yg memiliki tinggi 46 m dan panjang 15 m dan yg membuat spesial adalah patung ini dilapisi oleh lapisan emas. Dan juga telapak kaki sang Buddha yg memiliki panjang hingga 3 m.
Di koridor, berjejer 108 mangkuk perunggu yg menunjukkan karakter keberuntungan 108 Buddha. Orang2 yg datang sengaja menjatuhkan koin ke dalam mangkuk agar mendapatkan keberuntungan, dan juga untuk membantu menjaga pemeliharaan Wat Pho sendiri.
Jam buka : 8.00 - 17.00 (waktu Bangkok)
Biaya masuk : 50 Baht

Review :
You know?!
Wat Pho itu menyakitkan buat gue. Kenapa? soalnya pas gue dateng udah malem banget, karna gue sekeluarga gatau jalan ke Wat Pho. Dan pas kita lagi belanja percis di seberang Wat Pho, kita baru tau kalo Wat Pho itu gak sejauh yg kita kira :(
ternyata pemandangan malam di Wat Pho ini enak juga kok. Kita gak usah bayar tiket masuk karna masuk diem2, gak usah desek2an sama orang lain, dan GAK USAH ngeliat apa2 karna udah gelap :| wkwkwk tp keren kok keren, ada lampunya yg bikin kita masih bisa ngeliat dalam ke-remang2an malam. hahaha

**

Kedua adalah Wat Yai Chaimongkol/ Wat Chaimongkon yg berada di kota tua Thailand yg menjadi saksi bisu kejayaan Thailand yg dapat mempersatukan beberapa negara di Asia dibawah kekuasaannya dibeberapa ratus tahun lalu, Ayutthaya.
Dari ibukota Thailand (Bangkok) menuju ke Ayutthaya ini membutuhkan waktu 2 jam.
Banyak sekali patung Buddha di Wat Yai Chaimongkol ini, dan ada stupa bertangga yg berisi patung juga.
Patung-patung buddha di kuil ini banyak yg sudah tidak lengkap bagian2nya terutama kepala, yg disebabkan oleh perang Thailand melawan Burma.
Tubuh patung Buddha tidur dan patung Buddha lainnya ditutupi oleh kain berwarna oranye terang.
Jam Buka : 8.30 - 16.30 (waktu thailand)
Biaya masuk : 20 baht

Review :   
gue sama keluarga gue seharian di Ayuthaya dihari kedua kita di Thailand. Kita naik taxi dari Bangkok ke Ayutthaya, tapi kita nyewa ya dgn 1100 baht PP :D
Yang gue kesel, Thailand ini ternyata macet juga broh! dan gue perginya 3,5 jam-an tapi pas pulang cuma bentar doang, soalnya lewat tol. Kenapa perginya engga lewat tol juga?! grr
Tapi di Ayutthaya ini bagus kok. Kereenn bangeeett :3 soalnya ya candi2nya udah menunjukkan ketuaannya dengan banyak yg runtuh dan gak lengkap yg menjadikannya exotic abis :3 


**

Ketiga adalah Wat Chaiyamangkhalaram yg terletak di kota Penang, Malaysia.
Patung buddha tidur disini berbeda dengan dua patung yg sbelumnya. Kali ini, Patung Buddhanya lebih menunjukkan warna-warni dan memperlihatkan kegembiraan dari raut wajahnya. Dan patung ini merupakan yg terbesar di Penang dan terpanjang yg mengalahkan beberapa patung Buddha tidur dibeberapa negara lainnya yg memiliki patung serupa.
Posisi dari patung ini sendiri berbeda dengan yg lain. Posisinya lebih menunjukkan ketenangan, santai, yg mencerminkan saat damai telah didapatkan dari perjalanan panjang kehidupan.
Putih mata dan kuku kaki patung buddha ini terdiri dari pearl. Dan tubuhnya dilapisi emas. Rambutnya ditarik ke titik yang melambangkan pencerahan Buddha terbesar. Ini disebut "pencerahan elevasi" dan merupakan simbol dari kekuatan spiritual sebagai salah satu berjuang menuju surga. Juga, di antara mata adalah titik atau "mata ketiga" simbolis visi spiritual.
Wat Chaiyamangkalaram ini terletak di Lorong Burma (Pulau Tikus)


Review : 
Disini gue biasa aja ah, nyasar iya, panas2an iya, jalan kaki iya. pfftt
Ini kuil deket sama hotel yg gue tidurin dan gue sama keluarga gue sampe muter2 buat nyari ini kuil :|
Tapi keren kok ini, luas tempatnya dan banyak patung yg aneh2. hihihi

**

Keempat dan yg terakhir adalah Phra Phuttha Hattha Mongkhon yg terletak di Hatyai, Selatan Thailand. Phra Phuttha Hattha Mongkhon ada di kawasan Wat Hat Yai Nai.
Phra Phuttha Hattha Mongkhon ini memiliki 35 m panjang, 15 m, dan lebar, 10 m. Yang merupakan buddha tidur terbesar ketiga didunia.
Tidak dipungut biaya untuk masuk ke kuil ini, ya hanya disediakan kotak amal.

Review : 
gue nyewa tuk2 kesini, jadi gaada masalah deh :D
Ini tempat cuma bagus didepannya aja, pas ke sononya lagi ya biasa aja. hehe 

**

Yakk! sekian postingan kali ini. Mata gue udah rapet banget dan siap untuk bobok.
Selamat malam semua.
Muaaahh :*


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

before you comment, THINK first. Thanks :)

Relate Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

your visiter number