Translate to Your Language :)

Setiap orang butuh tempat utk berbagi cerita, aku harap kamu bisa mengerti itu.

27 Mar 2013

Hat Yai

di Post Last Day in Thailand, gue udah bilang ya! "someday i'll go to thailand again." dan itu kesampean. KESAMPEAN!! lalala yeyeye :D

-penang-
pagi-pagi kita udah bangun dan bersiap-siap untuk hijrah ke Hat Yai.
Oke, ini bukanlah sesuatu yang indah untuk saat itu.
Dimana jam 7 waktu Penang, kita udah harus siap-siap dan itu artinya jam 6 di Indonesia.
Cukup ngantuk emang, dan adanya sedikit konflik membuat hati semakin panas dan tidak menentu.
Udah gitu, travel yang kita sewa pake telat lagi! baru tau gue, orang Malaysia juga bisa ngaret ye --"
Jam 8 pagi waktu penang itulah jadwal kita, dan itu supir telat ampe 15 menitan. oke. Malaysia juga macet rupanya.

oke, itu hanya sedikit masalah pada pagi itu :)
Kita numpang mini van dengan berbayar 30 RM atau sekitar Rp 90.000-, per orang satu kali jalan.
cukup mahal sih, tapi kita gak perlu desak-desakan sama orang lain, walaupun dicampur dengan orang lain.
Gue sih pesen tiket di komtar.
Perjalanan dari Penang ke Hat Yai butuh waktu sekitaran 3,5 jam-an. Tapi waktu itu gue malahan 4 jam. Bingung gue, lama dimananya coba. hahahaa

-Hat Yai-

Sampe di Hat Yai - Thailand Selatan, hari udah menjelang siang dan perut gue keroncongan.
Sebelum nyari makan, gue sama keluarga gue ke hotel dulu, kebetulan, orang yang se-van sama kita itu udah ngerti tentang Hat Yai, dia nyuruhin kita buat di hotel Diamond yang terletak di 62 Nipat U-Thit 3Hatyai, Songkhla Thailand. Hotel ini bagus banget dan tentunya dengan biaya menginap yang terjangkau :D cuma 1.200 baht kalau gak salah.

Oh ia, tempat emas di Hat Yai itu adalah disekitaran Niphat Uthit ya teman-teman :D

Kita sempet keluar bentar beli makanan yang jaraknya aduh deket banget, tinggal melangkah 1 gang aja. Dan setelah makan kenyang, kita balik ke hotel. Tapi karna kecapean sudah mendekati batas maksimal dan udara Hat Yai siang itu bener-bener terik, (disaat Indonesia kita tercintah sedang kebanjiran). Maka kami semua memutuskan untuk keluar pada sore hari.
Tapi ternyata, takdir emang berkata lain, sore hari juga kita udah capek banget, dan akhirnya kita cuma jalan ke tempat yang deket-deket aja de, walaupun begitu, tetep aja kita jalan JAUH BANGET! soalnya kita nyasar-nyasar dan gatau arah jalan pulang. Aku tanpa map hanya butiran debu :( wkwkw

Selama di Hat Yai, bener-bener udah gak kerasa budaya malaysianya, padahal jaraknya gak jauh lho. Tapi suasananya udah pure Thailand banget!
Makan dipinggir jalan khas Thailand, makan buah-buahan seperti semangka, mangga, pepaya yang aduh yaampun  enaknya udah kebangetan deh (di Indo : Rujak), gak lupa juga durian thailand yang gue beli 30 baht padahal cuma 1 tempat sterofoam. Rugi bandar dah!
kita juga makan mie goreng, mie rebus yang murmer, cuma 45 baht. Ah, pokoknya Thailand itu paradise banget deh buat perut gue. wkwkwk ;p

Setelah kita balik ke hotel, kita gak kemana-mana lagi, ngecas tenaga buat besok balik Penang dan jalan-jalan bentar di Hat Yai ini ^^

Esok hari sekitar jam 8 waktu Hat yai, kita pergi buat jalan-jalan :D
lumayanlah beberapa jam sebelum kepulangan ke Penang lagi.
Kita nyewa tuk-tuk dengan 300 baht dan berhasil pergi ke beberapa tempat wisata di Hat Yai ini.

Tempat tujuan pertama kita adalah reclining buddha Wat Hat Yai Nai yang bernama Phra Phuttha Hattha Mongkho yang terletak di Phetkhasem Road deket Ou-Tapao Bridge. Panjang dari reclining Buddha patung (buddha tidur) ini mencapai 35 m dan tinggi 15 m. Ini adalah patung buddha terbesar kedua didunia :D

Tempat kedua adalah the great brahman shrine yang merupakan tempat ibadah bagi agama Buddha. Terletak di Municipal Park.
Di pintu masuk, kita disambut sama gajah yang punya 3 wajah (three headed elephant). Dan didalamnya pun banyak patung-patung 'dewa'.
Dan yang paling utama ditempat ini adalah pavilion housing dengan 4 wajah  Buddha yang berwarna emas. Ada juga tempat untuk membuang sial, yang berupa suatu ruangan yang pada pinggirannya dibatasi kawat, untuk tempat membakar permohonan bersama petasan. Tepat sekali pas gue dateng ke nih tempat, ada yang lagi mau bakar permohonan. Suaranya cetar banget, glekk gelek glekk..
Di pinggiran-pinggiran jalan juga ada patung-patung yang mungkin hadiah dari para pengunjung yang menyumbang, mungkin karna permohonannya dikabulkan ya.

tempat selanjutnya adalah Hat Yai Municipal Park yang merupakan suatu kawasan ibadah juga, tapi disini patungnya gede-gede banget.
Ada tangga yang kiri kanannya naga. Satu naga yang warna emas, dan satu lagi warna putih.
ada Avalokitesvara juga, yaitu gambar relief dewi Kwan Im.
Ada juga Jade Emperor, Nine Dragons & The Wheel of the Zodiac, jadi lu tau kan yang jadi dewa langit di film sun go kong? nah, ini dia patungnya, dan gede banget pulak. Dibawahnya ada relief naga dan 9 zodiak dalam kalender chinesse.

ada patung happy buddha atau yang biasa kita liat dengan buddha yang sedang ketawa. Bulet mukanya dan warna kulitnya putih.
Dan yang paling utama adalah patung dewi Kwan Im yang ada diatas municipal park ini.
Dan lain-lain lah pokoknya disini banyak patung buddha dan patung yang di'sucikan' oleh agam buddha (dan mungkin Hindu). titik.
Setelah itu, jam 11an siang waktu Hat Yai, kita balik lagi ke hotel dan siap-siap untuk ke Penang lagi. Cukup sudah perjalanan kita di bagian Selatan Thailand ini.

Masih kurang sih sebenernya :( tapi yasudahlah........

it's the best from me in Thailand ^^ 



Ibu yg dibelakang itu adl penjual es campur khas Penang (jualan di Hatyai) yg harga es campurnya itu mahal bingitzz! soalnya pake iler burung walet.


jalan malem


duren thailand seharga 30 B
jalanan Hatyai dipagi hari Minggu
laksa penang yg terkenal enaknya. Tapi bagi gue masih enakan laksa tangerang. wkwkkw
becak hias ^^



Cerita Sebelumnya : Penang itu Pinangnya Malaysia

5 komentar:

  1. Haii... saya besok berangkat ke hatyai, rencana beli tiket nya di komtar aja trus ngesot ke prangin mall dulu sambilan nunggu jam berangkatnya. Enakan pake mini van ya drpd bus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iaa, pakai mini van, lebih cepat..

      Hapus
  2. Hai, tanya dong. Muter2 di Hatyai selain pake Tuktuk pake apa aja ya? Tuktuk 300 THB itu buat muter berapa tempat? Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain tuktuk bisa pake taxi, ojek motor, sewa mobil pribadi.
      300 thb waktu itu buat 4 tempat. Kalau naik taxi bisa jatuhnya lbh mahal.

      Hapus
  3. hi.. mau tanya.. 300 bath itu per orang atau rame2?

    BalasHapus

before you comment, THINK first. Thanks :)

Relate Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

your visiter number