Translate to Your Language :)

Setiap orang butuh tempat utk berbagi cerita, aku harap kamu bisa mengerti itu.

27 Des 2012

Seuntai Penggalan Harapan untuk Curup Town


Mengenal Kota Curup
C…u…r…u…p    =  curup

Siapa yang tidak pernah mendengar nama kota ini ? dan siapa yang mengetahui nama kota ini ?
Kota yang termasuk dalam Provinsi Bengkulu ini berada di daerah lekukan jajaran pegunungan Bukit Barisan yang terkenal keindahannya, juga memiliki banyak air terjun alami, yang sangat berpotensi menjadi suatu tempat wisata alam yang indah, dengan pemandangan Bukit Kaba dan Bukit Daun di sekelilingnya , kian bertambah eloknya. Tapi sayangnya hanya segelintir orang di luar warga setempat yang mengenalnya.
Daerah yang berbukit-bukit sebenarnya suatu karakter bentangan alam, yang melambangkan kesuburan tanahnya. Dengan  masa penghujan yang panjang semakin mendukung kota Curup,  menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong yang sangat dikenal sebagai pemasok bahan makanan utama dari daerah Bengkulu ; beras, sayur, buah-buahan. Membuat kota ini dipenuhi oleh hamparan persawahan dan perkebunan yang indah dan berseri.

Curup yang sekarang bukan Curup yang dulu
Kini, dengan luas 1.109 km, kota Curup  telah
> memoles diri lebih baik dari sebelumnya. Tetapi  ada beberapa objek wisata yang mungkin sebagian orang di nusantara ini, tidak  terpikirkan dengan kata ‘Curup’ , yang dikenal hanyalah   ‘Bengkulu’. Mengapa kota Curup tidak dikenal? Berbagai kemungkinan pasti ada, salah satunya mungkin  kurangnya promosi di media massa maupun media cetak, atau ada sesuatu yang masih  merupakan factor x ? yang belum tergali, sehingga perlu kita gali  dan memberi pemecahan masalah bersama. Memang bisa dikatakan  semuanya belum tergali secara tuntas. Ini membutuhkan semangat, energy pemikiran, waktu, dan biaya yang tinggi dan  luar biasa banyaknya. Dan hal ini tentunya bukan hanya tugas dari Pemda setempat saja, untuk mengembangkan Kota Curup, tetapi  tugas kita semua yag peduli.
Setelah kita mengetahui masalahnya,mulai sekarang seharusnya kita lakukan adalah, bersiap membenahi kota ‘Air Terjun’ ini, dan mulai bangun dari tidur berkepanjangan, buat Curup kita tercinta menjadi suatu tempat dari yang “biasa” menjadi “luar biasa”. Cari dan temukan icon untuk Kota Curup, yang dapat mewakili identitas dan kekhasan kota.

Potensi Karakter Bentangan Alam Curup
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah potensi karakter dari kota Curup sendiri.
Kita ketahui, kota Curup adalah sebuah kawasan yang memilikikarakter  keindahan tersendiri. Tapi, apakah kita sadar akan hal itu?
kita dapat memanfaatkan semua tempat di sudut kota Curup. Mengangkat semua aspek keindahan di Kota Curup agar menjadi “Kota wisata”.
hal ini bisa dimulai dari memanafaatkan karakter bentang alam, yang dimulai dari memanfaatkan Sungai Musi yang numpang mengalir di Kota Curup, Cagar alam yang terletak di Kota Curup (cagar alam Cawang dan cagar alam Despatah), pegunungan & perbukitan, kawasan berendam air panas, beragam air terjun, persawahan & perkebunan, sampai kepada kerajinan tradisional di Kota Curup.
Kita juga seharusnya dapat mengatur Danau Mas menjadi suatu danau indah yang sedemikian rupa, agar keindahan yang terpancar dari Danau Mas ini dapat menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan, dan dapat juga  menentramkan hati para penduduk sekitar, ketika melihat Danau Mas ini. Dan juga pengembangan secara lebih dan lebih lagi terhadap objek wisata alam Diobagite, yang perlu perencanaan lansekap yang lebih terarah dan berkonsep dengan benar.

Saran Pengembangan Wisata
Kota Curup boleh berkembang semakin ke arah vertical, dengan dibangunnya gedung-gedung,  perkantoran yang kiranya di satu sisi dapat mengurangi keasriannya, tapi kita harapkan di satu sisi lainnya dapat menambah fasilita, sarana dan infrastruktur  kota.
Selain itu kita harus mengerti akan apa yang diinginkan para wisatawan, baik  dari nusantara maupun dari mancanegara. Serta  memahami jenis-jenis wisata apa saja yang berpotensi dari Kota Curup, sehingga kita dapat mulai mengkotak-kotakkan jenis wisata yang mungkin akan di minati oleh para wisatawan, dan sudah ada di Kota Curup sendiri, seperti :
- wisata alam, merupakan wisata untuk liburan menghilangkan kepenatan dimana para wisatawan hanya “duduk” santai , menikmati daerah konservasi, dan menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh Kota Curup.
- wisata  berpetualang, dengan menyusuri hutan ataupun mendaki gunung. Disini, maksud penulis adalah mulai ‘mempercantik’ tampilan gunung ataupun bukit yang terletak di kota Curup, agar pesona dan keindahan alamnya semakin  terpancar secara maksimal, tentunya dengan catatan  tanpa merubah keasliannya, dengan kata lain dari sudah cantik menjadi lebih cantik dipolesnya.
- wisata untuk keluarga, dimana para pendatang/wisatawan datang untuk “merasakan dan meresapi” bagaimana objek wisata di Curup yang dapat mempersatukan dan membuat keakraban mereka semakin bertambah.
- wisata budaya, dengan berbaur bersama kebudayaan setempat. Seperti kita ketahui, Kota Curup ini mempunyai penduduk asli, yaitu Suku Rejang dan Suku Lembak, ini merupakan potensi yang luar biasa, bisa sebagai daya tarik tersendiri bagi para pecinta budaya. Kita dapat memanfaatkan Rumah Adat Rejang Lebong secara lebih maksimal lagi, yang mungkin dengan cara mengadakan bazaar-bazaar yang berlokasi di dalam rumah Adat Rejang Lebong, dan masyarakat Suku Rejang sendirilah sebagai penjualnya. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan potensi wisata belanja di Kota Curup, sehingga perlu disediakan wadah atau pinjaman bagi masyarakat yang akan berkecimpung, di dalam bidang pengadaan souvenir ciri khas Kota Curup.

Harapan-Harapan
Harapan warga Curup untuk Kota Curup di tahun 2013, dengan dikembangkan serta dioptimalkan kawasan-kawasan yang kiranya berpotensi sebagai karakter wisata Kota Curup, maka warga Curup akan tentram hatinya, kenapa ? karena ada harapan dan ajakan partisipasi untuk memperbaiki taraf hidup mereka. Seperti pepatah mengatakan, sebaiknya Warga Curup haruslah diberi pancingan, bukan ikan.
Dan harapan penulis pada tahun 2013 mendatang adalah agar Curup Town menjadi better than before, dan mulai memperbaiki  serta  mempercantik sarana, pra-sarana Kota Curup ini.  Caranya  yang pertama adalah bercermin dan mempelajari  dari  kota-kota yang telah sukses, mengembangkan potensi-potensi kawasan,  yang kedua mengundang para ahli lansekap, ahli antropologi dan ahli perkotaan.
Tujuan utama adalah  agar masyarakat  mengenal lebih dekat Curup Town , yang sebenarnya tidak kalah menariknya dengan objek wisata ditempat lain di belahan bumi nusantara ini. Semoga Kota Curup dapat berevolusi menjadi kota yang asri nan indah.***


3 komentar:

  1. ikut lomba jg y..semoga menang y.. :) blogwalking juga ke sini y.. :) http://realnewszone.blogspot.com/2012/12/berdiri-di-antara-harap-catatan-kecil.html

    BalasHapus
  2. Curup dimana ya kak?
    bagus tulisannya...fotonya juga keren
    smoga menang yah kak :)

    BalasHapus
  3. Curup dah gak Adem,Curup blm ada kerajinan yang Sah /paten khas curup, jd susah untuk mengenal curup lebih dekat! and Gmn Ya solusi nya...?

    BalasHapus

before you comment, THINK first. Thanks :)

Relate Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

your visiter number