Translate to Your Language :)

Setiap orang butuh tempat utk berbagi cerita, aku harap kamu bisa mengerti itu.

15 Jul 2013

Thousand Island. Really Thousand (?)

Untuk ke sekian kalinya merasakan asinnya laut Jakarta.


Kamis kemarin, tepatnya tanggal 11 Juli 2013 akhirnya jadi juga pergi ke Kepulauan Seribu, setelah mengalami beberapa kali hambatan :D

Kita berangkat dari pelabuhan Rawa Saban, setelah melalui petimbangan-pertimbangan dan perdebatan yang cukup seru di antara anggota keluarga. Sebenernya sih pada awalnya kita maunya lewat Kali adem, tapi berdasarkan keputusan bersama, akhirnya dipilih pelabuhan yang lebih deket  tempat tinggal, dengan alasan buat apa kita mencari pelabuhan yang lebih jauh, yang akan diikuti dengan membengkaknya biaya, waktu dan tenaga.
Rawa saban ini adalah pelabuhan yang khusus untuk mengangkut barang, tapi karena banyak juga yg mau lewat ini pelabuhan, jadi yah dibuka juga untuk orang-orang yang mau nyebrang ke pulau dengan biaya IDR 25.000/individu, setelah kenaikan BBM, sebelumnya IDR 23.000/individu, beramgkat dari Rawa Saban bisa pagi hari pukul 09.00 atau siang hari pukul 12.00 WIB. Gak heran juga sih kalo kapal yg digunain gak sebagus yang ada di Kali Adem ataupun Muara Angke, dan gaada sofa empuk kayak kapal dari pelabuhan di Jakarta yang gue sebut tadi, apalagi AC (air conditioner), yang ada cuman AC (Angin cepoi2) wkwkwk.....

photo dermaga rawasaban
photo kapal

Tujuan awal adalah Pulau Tidung, sebagai base kita, karena banyak orang yg bilang kalo pulau ini bagus dan ramai, jadi kita penasaran nich, mau liat seperti apa rupa Pulau Tidung......heheheh
Tapi kenyataannya? setelah  hampir dua jam mkapal meluncur ke Pulau Tidung, yah berbanding terbaliklah dengan opini orang-orang itu. Ketika  menginjak pertama kali  Pulau Tidung, inilah ceritanya, sampah berserakan di mana-mana di berbagai sudut, pulau seperti tak berpenduduk, jalanan sepi serta tidak ada orang yang berjualan di sepanjang jalan. Mungkin karena kita pergi tepat dengan hari kedua orang muslim berpuasa.
Pulau Tidung menurut bapak Ma'mun penduduk asli dan awak kapal kayu, yang berkenalan dengan emak gue, berkata: "Pulau Tidung ramainya hari Jumat, Sabtu dan Minggu, dan berpusat di jembatan cinta, oke akan kita buktikan.

Setelah orientasi pulau selama kurang lebih satu jam lebih, kita memutuskan sewa sepeda dengan biaya IDR 15.000/ sepeda selama satu hari full.
Kita jalan-jalan dan muter-muter ke arah timur pulau, yaitu ke jembatan cinta :D
banyak juga yang bilang kalo jembatan ini rame kalo menjelang sore hari. Tapi ternyata, gak serame yang gue bayangkan yah :|

Dari home stay yang kita tempatin ke arah jembatan cinta, butuh waktu 15 menit, PP jadi 30 menit. Cukuplah yah untuk ngebuat ini paha jadi ceking....ckckckk
Sepanjang jalan yang ada cuman kesel dan kesel. Sampah berserakan, jalanan sepi, dan pantai yang kotor. Enough-lah yah, udah jauh-jauh ke ini pulau, tapi dapetnya pemandangan yang begitu :(

Tapi akhirnya setelah muetr sana sini dengan ngegoes sepeda, akhirnya kita dapet juga spot pantai yang (lumayan) bersih, punya ombak yg tenang, dan tentunya sunset :D
Jadi kita mampir ke nih pantai bentar, main ayunan, dan foto2 :))

photo ayunan

Malamnya sekitar pukul 20.00 kita balik lagi menuju jembatan cinta, ceritanya mau liat pemandangan yang katanya denger-denger spot-nya indah di malam hari, selama perjalanan kiri kanan gelap, di kiri kanan banyak pohon besar dan tinggi, angin berhembus kenceng, ranting kecil dan daun melambai-lambai menimbulkan berbagai macam suara, awalnya kita ketawa-ketiwi, tapi kq kita bertiga gak ketemu sama orang di jalan menuju ke jembatan cinta, warung-warung yang bertebaran di kiri kanan juga pada tutup, untung ada beberapa warung di nyalain lampunya, akhirnya posisi goes sepeda di atur yang di depan adek gue yang cowok, di tengah gue dengan alasan gue itu cewek biar ada yang ngawal, posisi belakang emak gue, menurut gue suasana saat itu seru mencekam, dingin, alami dan alami, rasanya dekeeeet sekali dengan Pencipta Bumi yang hanya satu ini, dalam perjalanan gue masih sempet ngobrol sama adek, tapi kalo emak diem seribu basa (mungkin berdoa sekencengkencengnya)....wkwkwk....sampe di jembatan cinta kita tidak ketemu satupun makhluk yang namanya manusia selain kita bertiga, hanya suasana gelap....setelah beberapa saat kitapun membalikkan sepeda ke arah pulang, ngegoes sekencengnya, dan dengan suasana yang ampir sama, dingin, gelap, hanya ada suara-suara agak aneh, dikawal pohon-pohon yang besar serta tinggi di kiri kanan.....:D
Ok, cukup untuk hari pertama.

Hari kedua diisi dengan nyewa kapal dan snorkling :D
Kita nyewa kapal dan pengemudinya  berikut alat snorkling dengan IDR 300.000. Tapi sompretnya, janji jam 9 malah dia dateng jam 13.00!....kamfret kan!.... gamau rugi emang ini orang.....ckckck
biasa sewa kapal seharga  IDR 300.000 mau dimuatin 10 ato 15 orang yah emang segitu sewanya, di luar alat snorkling IDR 25.000/orang, yang  hanya kapal saja di luar alat snorkling, harga bisa kurang yah maklumlah biasa emak gue yang maju jadi seperti itulah hasilnya.

Jadi, selama menunggu si 'dia', gue, emak gue, dan adek gue memutuskan naek sepeda lebih jauh ke arah lebih timur lagi.
Awalnya kita seneng. bahagia. bangga. karna akhirnya nemu pantai yg cakep dan indah. Kita foto-foto, main ombak, ngeliatin bule (ok,... ini konyol.), dan ketawa-ketiwi.  Emak gue ngajak jalan lagi, ketika dia liat bule-bule mulai goes sepeda, kita bertiga ngikutin bule-bule.

Tapi akhirnya, gue sama emak gue yg ditinggalin adek gue  yang berhasil ngintilin bule dan guide-nya, kesasar. YUP...... kita kesasar. Kita berdua ngikutin jalan yg dilewatin oleh mereka, tapi kita mungkin salah jalan. Tapi di jalan ada-ada aja, udah tau kesasar, emak gue masih aja sempetan ngambilin karang-karang di jalan.....ckckck
Sampe akhirnya kita ngegoes sepeda ke tempat yg sepi, kiri-kanan hanya ada alang-alang yang tingginya sudah satu meteran, juga jalanan yg becek gak ber-conblok. Diiringi tentunya dengan karang-karang bergesekan menimbulkan bunyi di keranjang sepeda yang menambah berat perjalanan kita dalam menggoes sepeda. Matahari juga ngeledek banget, makin ngegoes, makin teriiikkk dan panas tuh matahari. ckckckck bikin gue yg udah gosong nambah gosong deh....... x_X

Dari jam setengah 9 pagi, kita baru sampe di home stay jam setengah 1an siang. Dan selama itu, kita berdua goes sepeda terus ......-___-" . Sementara adek gue yang ninggalin kita berdua dan ngintilin bule itu udah ada di home stay lagi, setelah dia berusaha mencari  ke sana-sini, sempet sms janjian di pantai yang indah itu, tetap saja tidak ketemu.

Akhirnya kita dengan tertatih2 beraniin nanya juga sama penduduk sekitar yang nampak ramah. Dan ternyata kita tuh daritadinya udah lewatin jalan yg sama terus, lewatin jalan yg ternyata emang bener jalan pulang tapi kita masih ragu, kita muter lagi, ketemu jalan yang sama, kita muter lagi terus-terusan.......ckckck
tetapi akhirnya kita sampe di home stay lagi :D..... tentunya dengan energi yang luar biasa terkuras, seperti biasa, ngos-ngosan, minuman botol besar habis tak tersisa, keringat bercucuran, muka gosong, rambut lepekk, baju basah kuyup, kalau sepeda bisa ngomong tentu sudah teriak kali, capadeeehhh.....wkwkwk

Kebetulan, setengah jam kemudian, sekitar jam 1an si abang pengemudi kapalnya dateng ke home stay dan akhirnya kita yang sudah agak pulih kembali energinya siap-siap untuk melanjutkan petualangan snorkling yeeeyyyy....semangat....semangat....semangat.....hahahahah

Kita snorkling di areal pulau Payung yang masih dalam kawasan Kepulauan Seribu.
Dan bagusnya ? yah,.... kayak terumbu karang yg di tipi2 deh......hehehe

foto snorkling

Bagus......ternyata sengaja  sama abangnya dipilih spot yang bersih dari sampah, karena gangguan dari Kepulaua Seribu ini adalah sampah yang berjibun. Jadi yah, bagus deh pemandangan karang dan ikannya.
Waktu kita turun, ikan kecil dan sedeng langsung pada nyamperin (mungkin dikira kita bawa makanan (roti).)  Karna kita turun gak bawa apa-apa, jadi kaki adek gue yg di celomotin, kenapa? karena ada koreng-nya yang masih basah..... hahahhaa, untung aja hari itu gue pake celana panjang, jadi selamet deh.........>,<

foto pake baju lengkap snorkling

Pertamanya, gue turun dengan peralatan snorkling lengkap, tapi makin lama, gue ngerasa gak leluasa dengan life jacket yang disediakan, ngambang terus, kapan bisa nyelamnya nich???...... akhirnya gue lepas tuh life jacket.
Terus gue juga ngerasa gak cocok sama kacamata renang yg disediain, yaudah gue pake kacamata renang sendiri. akhirnya gue berenang tanpa life jacket itu ternyata enak, kayak berenang di kolam renang yang luas banget (gue gak ngusulin yah berenang tanpa life jacket dan tentunya dengan melihat cuaca serta gelombang lautnya apakah bersahabat atau tidak dan kemampuan mengatur pernafasan diri sendiri yang mampu kita kontrol sendiri).  Ini adalah sensasi  baru yang luar biasa berenang di lautan terbuka tanpa batas, sambil menikmati suguhan keindahan alam bawah laut yang sungguh-sungguh mempunyai nilai yang tidak dapat dilukiskan, luar biasa ciptaan Tuhan Yang Kuasa.

Abis puas snorkling di kawasan Pulau Payung, kita dibawa sama abangnya ke jembatan cinta, yang berada di kawasan Pulau Tidung. Jembatan cinta ini adalah icon dari pulau tidung itu sendiri, yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Sebenernya Pulau Tidung Kecil ini gak kecil2 banget sih sebagai pulau, tapi mungkin karena ukurannya yang berbeda dengan Pulau Tidung besar yang emang ukurannya lebih besar, jadi yang lebih kecil, dibilangnya Pulau Tidung Kecil......hahaha

Katanya sih jembatan cinta ini tingginya cuman 5 meter. Tapi di mata gue, itu udah kayak 30 meter! tinggi banget euy.......di sana ada sensasi lainnya loncat dari jembatan cinta ke laut, gue pingin coba juga. Akhirnya, adek gue mah udah loncat-bolak-balik 6 kali, gue masih aja gigitin jari di atas jembatan cinta, begitu juga orang lain mah udah pada loncat berkali-kali juga, gue masih mikir seribu kali. Akhirnya dengan kebulatan tekad.....gue...... gajadi loncat. Takut broh, ternyata gue kalah juga dengan sensasi loncat dari atas jembatan ke laut. Gue bukan takut gimana yah, orang mah loncat terus beberapa detik kemudian nongol lagi. Tapi gue takutnya gue gak nongol lagi...... :( wkwkkwk
Karna hari udah semakin sore dan menjelang malem, maka kita memutuskan untuk kembali ke home stay, tentunya tanpa loncat dari jembatan cinta.......wkkwkwk

Malem hari di Pulau Tidung (?)..... hmmm...... seperti kota mati yang gak berpenduduk. Cuma beberapa orang doang yang lewat...... :D, angin bersaut-sautan, daun dan ranting pohon goyel sana goyel sini, ombak mengeluarkan cetaran yang memekakkan telinga, akhirnya dari langit tercurah hujan yang lebat.....malam-malam hujan, demikian lebat membuat gue terdiem melihatin jatuhnya buliran air hujan yang ternyata sama dengan hujan di depan rumah gue.....wkwkwkwk
Ok, sekian hari kedua di Pulau

Lanjut di hari ketiga
hujan yang turun di malam hari dan berhenti di subuh, ternyata bersahabat dengan kita di Pulau Tidung ini, karena kita sudah menyiapkan petualangan selanjutnya.
menyewa kapal dengan biaya IDR 500.000, untuk mengunjungi pulau-pulau yang berserakan di kepulauan seribu, kan katanya kepulauan seribu yaaah apakah benar ada seribu pulau-pulaunya??...perlu diuji....hahahah
pulau yang dikunjungi pertama adalah pulau Pari




Ceritanya lanjut lagi yah di postingan selanjutnya. Takut yg baca jadi bosen :P hehehe
Mari kita lihat sepintas foto2nya....


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

before you comment, THINK first. Thanks :)

Relate Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

your visiter number